Visi :

Menjadi Prodi Unggul Dalam Bidang Pendidikan Sosiologi Berdasarkan Falsafah Tri Hita Karana di Indonesia Tengah dan Indonesia Timur Pada Tahun 2028

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi di bidang pendidikan sosiologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam bidang pendidikan, ilmu sosial, dan humaniora.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni, dalam upaya meningkatkan kontribusi Program Studi Pendidikan Sosiologi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan

  1. Dihasilkannya sumberdaya manusia yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas, memiliki disiplin dan etos kerja yang tinggi.
  2. Berkembangnya dan tersebarluasnya bidang Pendidikan Sosiologi serta penggunaannya untuk menjaga integrasi nasional dan memperkaya kebudayaan nasional.
  3. Terciptanya suasana akademis dalam Proses Belajar Mengajar (IPTEK PENDUKUNG) dengan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan agar mahasiswa lebih mandiri dalam pengembangan keilmuan, baik sebagai calon guru sosiologi, peneliti bidang pendidikan, dan kompetensi lain yang menunjang profesinya.
  4. Dimilikinya kemampuan dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan konsep pemecahan masalah dengan menggunakan metode 1.5.5 Dihasilkannya lulusan sarjana Pendidikan Sosiologi yang kreatif, inovatif, produktif, berakhlak mulia, dan menguasai konsep dasar teoretik dan memiliki kemampuan profesional dalam bidang pendidikan sosiologi berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.
  5. Dihasilkannya lulusan sarjana Pendidikan Sosiologi yang kreatif, inovatif, produktif, berakhlak mulia, dan menguasai konsep dasar teoretik dan memiliki kemampuan profesional dalam bidang pendidikan sosiologi berlandaskan falsafah Tri Hita Karana..
  6. Tererselenggaranya penelitian dan pengabdian masyarakat yang mampu memberikan konstribusi pengembangan ilmu dan penyelesaian persoalan masyarakat.
  7. Terselenggaranya program berkelanjutan untuk pengembangan kualitas tenaga pendidik.

Profil Lulusan

  1. Pendidik Sosiologi di SMA/MA negeri maupun swasta
    a. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori sosiologi.
    b. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran sosiologi di Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah negeri maupun swasta.
    c. Menguasai dan mampu mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar pada mata pelajaran sosiologi di Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah negeri maupun swasta.
    d. Menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran sosiologi serta melaksanakan teknik-teknik remidial di Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah negeri maupun swasta.
  2. Peneliti Bidang Pendidikan
    a. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan-permasalahan sosial kemasyarakatan, dan mengembangkan karya-karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya dengan penuh tanggung jawab.
    b. Mampu merencanakan, melaksanakan, mengorganisirpekerjaan media khususnya di bidang pendidikan.
  3. Pekerja Media Bidang Pendidikan
    a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan media khususnya di bidang pendidikan dengan pendekatan inovatif.
    b. Mampu merencanakan, melaksanakan, mengorganisir pekerjaan media khususnya di bidang pendidikan